//Syafriadi : Masyarakat Tidak Perlu Lagi Ke RS Luar Daerah//

Dok. Lama Terbengkalai Saat Ini Alat CT Scan RSUD MM Sudah Bisa di Operasikan Untuk Melayani Masyarakat

Semarfm.com – Peralatan medis Computerized Tomography Scan atau di sebut juga dengan CT Scan yang di beli dengan anggaran dana milyaran rupiah akhirnya hari ini bisa di operasikan dan di manfaatkan untuk kebutuhan pelayanan masyarakat Kabupaten Mukomuko (MM) dan wilayah tetangga. Alat CT Scan yang di beli pada tahun 2020 lalu, hingga kemarin (red) tidak bisa di manfaatkan karena belum ada tenaga ahli yang bisa mengoperasikannya.

Namun di bawah kepemimpinan Plt Dirut RSUD MM yang baru dr, Syafriadi, SP.PD, dengan tangan dinginnya hingga pada bulan ini alat CT Scan tersebut sudah bisa di manfaatkan untuk pelayanan masyarakat Mukomuko kedepannya.

dr. Syafriadi SP. PD, Plt Dirut RSUD Kabupaten Mukomuko

Diungkapkan Plt Dirut RSUD MM dr. Syafriadi, SP. PD, saat ini tenaga ahli untuk pengoperasian alat CT Scan di datangkan dari Padang (Sumbar), dan tenaga ahli adalah seorang dokter bernama dr Lusi Uci yang saat ini sudah mulai bekerja di RSUD MM. Pasalnya untuk mengoperasikan alat CT Scan harus tenaga yang benar – benar ahli, hal itu dikarenakan CT Scan ini menggunakan kombinasi dengan sinar X dan sistem komputer khusus untuk menghasilkan gambar organ, tulang dan jaringan lunak dalam tubuh.

“Hari ini, telah dilakukan pengoperasian perdana alat CT Scan terhadap pasien RSUD bernama Dedi korban dari kecelakaan. Tenaga ahli yang mengoperasikan yakni dr Lusi, beliau kami datangkan dari Sumbar dengan kontrak kerjasama. Alhamdullilah alat sudah bisa dipakai, mudah – mudah akan bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Mukomuko. jadi untuk kedepannya masyarakat tidak perlu lagi ke rumah sakit luar daerah untuk CT Scan cukup datang ke RSUD MM saja. Semua ini tak lepas dari dukungan pihak Eksekutif dan legislatif kepada RSUD MM, Insya Allah kedepannya kami bisa memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat dengan dioperasikan nya alat – alat medis di RSUD MM,”ujar Syafriadi.

Dilanjutkan Syafriadi, kelebihan dari pemeriksaan peralatan CT scan ini, gambar dari hasil CT Scan memberikan informasi yang lebih rinci dan akurat dari foto Rontgen biasa. Selain itu prosedur medis juga biasanya tidak memakan waktu lama dan tidak menimbulkan rasa sakit. Lingkaran dari CT Scan yang di RSUD MM yang besar dan cukup dimasuki ukuran orang dewasa dengan berbaring. Alat CT Scan ini, secara umum digunakan untuk memperoleh kelainan otot, tulang dan sendi. Selain itu juga untuk menentukan lokasi dan ukuran tumor, menentukan lokasi infeksi dan pembekuan darah, memandu prosedur medis seperti operasi,biopsi atau terapi radiasi dan lain sebagainya.

”Dengan alat CT Scan ini kita bisa melihat hasil pemeriksaan penyakit dalam dengan secara detail. Biasanya pemeriksaan menggunakan alat CT Scan ini terhadap Kepala untuk mendeteksi jaringan yang mati akibat Stroke, tumor, pengerasan jaringan, pendarahan dan trauma kepala. Pemeriksaan paru parau untuk mendeteksi adanya luka, peradangan, infeksi bahkan kanker. Pada jantung menghasilkan gambar pembuluh darah arteri koroner. Untuk pemeriksaan rongga perut dan panggul, seperti limpa, hati, pankreas dan saluran empedu. Pada tulang untuk memindai kondisi patah tulang dan mendeteksi osteoporosis. Namun masih banyak prosedur yang harus di ikuti oleh pasien sebelum melakukan pemeriksaan menggunakan alat CT Scan. Itu lah mengapa pengoperasian alat CT Scan memang perlu tenaga yang ahli. Saat ini, tenaga ahli yang kita miliki sudah mumpuni di bidang pengoperasian alat CT Scan,”jelas Syafriadi ramah.(top).