semarfm.com MUKOMUKO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko, menetapkan Tabrani sebagai anggota DPRD Mukomuko melalui mekanisme pergantian antarwaktu (PAW) sebagai pengganti Busril yang meninggal dunia, beberapa waktu lalu

Ketua KPU Mukomuko, Irsyad Kamarudin, mengatakan pihaknya menetapkan Tabrani karena memiliki suara terbanyak dua setelah Busril dengan jumlah 1.278 suara, dan secara aturan Tabrani lah yang menggantikan Busril untuk menjadi Anggota DPRD Mukomuko periode 2019 – 2024.

Ia mengatakan, pihak KPU menyampaikan nama pengganti Busril kepada pimpinan DPRD Mukomuko, sehari setelah lembaga ini menerima surat permintaan nama pengganti Busril.

“Begitu kami menerima surat permintaan nama pengganti antar waktu anggota dewan, lalu pada sore harinya kami langsung menyampaikan nama PAW anggota dewan kepada lembaga tersebut,” ujarnya.

Tabrani merupakan calon legislatif dari Partai Nasdem yang mengantongi suara terbanyak dua setelah Busril dengan perolehan suara sebanyak 1.278 suara ,

Sementara , Ketua DPRD Kabupaten Mukomuko Ali Saftaini mengakui surat dari KPU sudah masuk di dewan, namun sampai Senin (26/7) kemarin belum bisa diproses ke Gubernur karena belum ditanda tangani, karena Untuk menandatangani surat pengajuan pemberhentian Anggota DPRD, Alm. Busril dan pengangkatan Tabrani sebagai Pengganti Antar Waktu (PAW) butuh paraf dari Waka I, Waka II, Kabag Persidangan, dan Sekwan DPRD Mukomuko. “Setelah selesai paraf baru kita tandatangani, dan itu butuh waktu yang panjang,” kata Ketua DPRD, M. Ali Saftaini menceritakan.

Ia menambahkan selanjutnya pihaknya akan mengusulkan nama calon PAW kepada bupati untuk diteruskan kepada gubernur.
“Kami mengusulkan kepada bupati setempat dan gubernur agar menerbitkan surat keputusan (SK) pemberhentian anggota DPRD dan pengangkatan calon PAW anggota DPRD,” ujarnya.

Kemudian menindaklanjuti surat usulan pergantian antar waktu (PAW) Busril, mantan anggota DPRD dari Partai Nasdem yang meninggal dunia, ia mengatakan, pihaknya akan menyampaikan dalam rapat paripurna, namun sebelum itu DPRD melalui BANMUS terlebih dahulu harus menjadwalkan Paripurna Pelantikan PAW atas nama Tabrani periode 2019 – 2024. Kalau belum dijadwalkan di BANMUS, maka pelantikan belum bisa di lakukan,” ucap Ali tegas.

Lebih lanjut, ia mengatakan, pihaknya secara kelembagaan siap kapan saja menggelar rapat paripurna pengangkatan dan pemberhentian anggota DPRD atas nama Tabrani sekaligus pelantikannya.
“Secara aturan usulan PAW ke Gubernur melalui Bupati Mukomuko hanya membutuhkan waktu 7 hari dan segera dilantik, namun saat ini surat dari KPU sudah kami terima namun butuh waktu dan  melihat proses tersebut masih panjang untuk menuju pelantikan,” demikian Ali.