//Edi Kasman : 93 UMKM Telah Terdaftar di Tiga Lokasi Pelayanan//

Kepala Dinas PMPPTK Edi Kasman, SH Terjun Lansung Dampingi Petugas Gelar Perizinan Keliling

Semarfm.com – Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat terus di tingkatkan oleh pihak Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Dan Tenaga Kerja (DPMPPTK). Sejak senin 5 Juli pihak DPMPPTK melakukan program perizinan keliling ke seluruh desa di Kabupaten Mukomuko, guna mempermudah pengurusan legalitas izin usaha yang dilaksanakan oleh masyarakat. Kegiatan jemput bola yang di gelar pihak DPMPPTK mendapat respon positif dari para pelaku usaha MM. Dari data saat ini, terhitung sebanyak 93 masyarakat yang menjadi pelaku usaha sudah terdaftar secara resmi dibuktikan dengan di keluarkannya izin usaha yang mereka geluti. Program perizinan keliling ini direncanakan akan terus di laksanakan hingga seluruh kegiatan usaha yang digeluti masyarakat bisa mendapat legalitas dari pemerintah.

Dikatakan Kepala DPMPPTK Edi Kasman, SH, pelayanan perizinan keliling ini akan dilaksanakan dari tanggal 5 Juli hingga 25 Juli kedepan. Dari pelaksanaan perdana yang dilakukan di Desa Ranah Karya Kecamatan Lubuk Pinang, sambutan antusias di tunjukkan masyarakat yang menjadi pelaku usaha, sebanyak 40 warga pelaku usaha mendatangi Kantor Desa untuk mengurus izin usaha. Sedangkan di Desa Lubuk Mukti Kecamatan Penarik sebanyak 32 pelaku usaha di terbitkan izin, sementara di Desa Medan Jaya Kecamatan Ipuh sebanyak 21 pelaku usaha sudah mendapatkan izin usahanya.

“Malah petugas kewalahan dalam memberikan pelayanan pendampingan pembuatan perizinan keliling, karena animo masyarakat pelaku usaha sangat tinggi. Namun kegiatan perizinan keliling yang kami gelar, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat kami tetap menjalankan sesuai anjuran pemerintahmematuhi Prokes. Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan batas waktu tanggal 25 mendatang. Melihat animo masyarakat begitu tinggi tidak memungkinkan kegiatan perizinan keliling ini akan terus dilaksanakan,”ungkap Edi Kasman.

Antusias Masyarakat Pelaku Usaha Mendatangi Kantor Desa Untuk Mengurus Perizinan Usaha Yang Mereka Lakoni

Dilanjutkan Edi Kasman, saat ini berbagai bantuan di salurkan oleh pihak Lembaga dan kementrian Pusat untuk masyarakat pelaku usaha, tidak memungkinkan akan naiknya kesadaran pelaku usaha begitu pentingnya memliki surat perizinan usaha. Sebab untuk memperoleh bantuan usaha yang disalurkan oleh pemerintah baik dari pusat ataupun daerah, salah satu syarat adalah pelaku usaha harus memiliki izin usaha yang di gelutinya.

“Meningkatnya kesadaran masyarakat sebagai pelaku usaha sangat kita rasakan saat ini. Inilah salah satu petingnya mengurus dan memiliki izih usaha yang dijalankan. Bantuan pemerintah untuk UMKM bisa kita dapatkan karena usaha kita legalitasnya ada dan sesuai aturan. Jika kita tidak memiliki izin usaha tentu tidak akan mendapatkan penyaluran bantuan dari pemerintah. Sampai saat ini usaha yang terdaftar dan dikeluarkannya izin mayoritas pelaku UMKM. Semoga langkah awal ini mendapatkan hasil yang untuk kedepannya, Aamiin,”tutup Edi Kasman.(top)