//Anton : Pemanggilan Yang ke Dua Pihak RSUD Akan Kami Lakukan//

Sidak Pansus PPJP Terkait Permasalahan Pembelian Aldis di RSUD Tahun 2020 Beberapa Waktu Lalu

Semarfm.com – Terkait permasalahan Pembelian peralatan medis (aldis) di RSUD MM pada tahun 2020 lalu semakin meruncing. Pasalnya hal tersebut menjadi hasil temuan BPK adanya selisih realisasi belanja anggaran tahun 2020sebesar Rp 14 M akibat pembelian aldis Rp 13,2 Milyar (M) yang tidak masuk dalam APBD dan APBDP. Selain itu, tersiar kabar pembelanjaan anggaran tersebut, tidak masuk melalui rekening Kas Daerah (Kasda) namun masuk ke rekening RSUD MM. dengan adanya kejadian tersebut, rencananya pihak pansus Pembahasan Pertanggung Jawaban Pelaksanaan (PPJP) APBD tahun 2020 akan kembali memanggil pihak RSUD yang ke dua kali dalam waktu dekat ini.

Antonius Dalle, Ketua Pansus PPJP DPRD Kabupaten Mukomuko

Diungkapkan Ketua Pansus PPJP DPRD MM Antonius Dalle, terkait pembelian Aldis di RSUD MM akan terus dilakukan pendalaman penelusuran oleh Pansus. Pasalnya dalam pembelanjaan dana bersumber dari APBN tahun 2020 tersebut tidak masuk APBD dan APBDP Kabupaten Mukomuko (MM). Dari pertemuan yang pertama beberapa waktu lalu, dari keterangan pihak RSUD mengatakan dana tersebut langsung di kelelola oleh pihak RSUD MM. dengan adanya hal ini,akan dilakukan pemanggilan beberapa pihak yakni BKD dan juga kembali memanggil pihak RSUD MM.

“Permasalahan ini akan kita telusuri sampai tuntas biar semuanya jelas. Yang perlu di pertanyakan rekening mana masuknya dana tersebut. Kita akan panggil kembali pihak RSUD MM yang kedua kalinya dan juga pihak BKD dan lainnya dalam waktu dekat ini. Dan juga di ketahui penggunaan dana pembelian Aldis tersebut disinyalir menggunakan Perbub. Ini lah yang akan kita pertanyakan nanti,”tegas Anton.

Sementara dikonfirmasi Kepala RSUD MM baru dr. Syafriadi, SP.Pd, menyatakan jika dana untuk pembelian Aldis dikelola dan masuk ke rekening RSUD. Sedangkan untuk MOU terkait dana untuk pembelian Aldis langsung oleh pihak RSUD MM dengan proses transfer dari Bendahara Umum Negara (BUN) langsung ke rekening RSUD MM.

“Untuk MOU langsung oleh pihak RSUD. Surat MOU saya rasa ada di bagian pengadaan. Setahu saya, proses penyeluran dana tersebut, dari BUN langsung masuk ke rekening BLUD RSUD MM tidak melalui BKD,”singkat Syafriadi.(top)