//Novri : Untuk Membantu Sesama dan Sekaligus Beramal//

Novri Ardiantasari, SE anggota DPRD MM di temani Ketua RDB Kabupaten MM Saprin Efendi, melakukan kegiatan donor darah di RSUD MM untuk membantu sesama.

Semarfm.com – Kebutuhan ketersiadaan darah tampaknya sangat melonjak di Kabupaten mukomuko pada tahun ini. Pasalnya, banyak diantara masyarakat khusus keluarga pasien yang dirawat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Mukomuko (MM), sering kewalahan untuk mendapatkan darah yang di butuhkan. Tak jarang para keluarga pasien meminta bantuan kepada Kelompok Relawan Darah Bengkulu (RDB) ketika membutuhkan darah. Kejadian minimnya stock kebutuhan darah tersebut, mendapat respon dari Novri Ardiantasari SE, salah seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) MM dan bersama beberapa masyarakat serta Ketua RDB Kabupaten MM Saprin Efendi melaksanakan kegiatan donor darah bersama.

Diungkapkan Novri Ardiantasari, SE, dari koordinasinya dengan pihak Rumah Sakit, salah satu kendala dalam mencari para pendonor, adanya rasa ketakutan dari masyarakat untuk ikut mendonorkan darah. Sebab sebelum tenaga medis melakukan kegiatan pendonoran darah, ada beberapa tahap pemeriksaan terhadap masyarakat yang ingin mendonor sebelum pelaksaan pendonoran. Selain itu dengan mendonor darah bisa menjaga kesehatan tubuh sekaligus menjadi amal bagi masyarakat yang mendonorkan darahnya.

Pengecekan tensi darah dan tes lainnya sebelum dan sesudah pelaksanaan pendonoran oleh tenaga medis RSUD MM.

“Saya tadi di datangi oleh ketua RDB Mukomuko, dengan memberitahukan jika ada salah satu keluarga pasien meminta bantu ke RDB membutuhkan pendonor darah. Darah yang dibutuhkan keluarga pasien tersebut sama golongannya dengan darah saya, sehingga saya sendiri langsung mengajak ketua RDB ke RSUD untuk mendonorkan darah. Saya sempat koordinasi dengan pihak tenaga medis, penyebab kurang minatnya masyarakat untuk mendonorkan darah karena rasa kecemasan dan ketakutan. Disini saya menghimbau kepada masyarakat mari kita ikut mendonorkan darah kita demi kemanusiaan, dengan mendonor darah bisa saling membantu dan menjadi ladang amal bagi diri kita,”ujar Novri.

Sementara Saprin Efendi S.Pd Ketua Relawan Darah Bengkulu Kabupaten MM, membenarkan banyaknya kebutuhan darah dan kurangnya stock darah di MM. salah satu penyebabnya belum ada minat dan niat masyarakat untuk ikut perpatisipasi dalam kegiatan donor darah. Dijelaskan Saprin tak jarang di dalam grup Whats App (WA) RDB, dalam satu hari permintaan kebutuhan darah mencapai belasan untuk pasien yang di rawat di RSUD MM. Untuk kedepannya diharapkan Pemerintah Daerah melakukan suatu program atau kegiatan sosialisai kepada masyarakat Kabupaten MM mengenai pentingnya mendonorkan darah untuk kesehatan dan membantu sesama.

Beberapa relawan juga ikut berpatisipasi untuk mendonorkan darah membantu sesama bersama Nopri Ardiantasari dan Ketua RDB MM hari ini

“Alhamdulillah di dalam Group WA RDB kita saling bantu membantu dalam mencari masyarakat yang mau mendonorkan darah. Syukurnya selama ini setiap ada permintaan bantuan pendonor darah di RDB bisa kami carikan dan pendonor ikhlas melakukan. Salah satu kendala kurang minatnya masyarakat mendonorkan darah, kemungkinan belum ada sosialisasi dari pemerintah melalui dinas terkait kepada masyarakat, begitu pentingnya mendonorkan darah. Kami berharap hal ini mendapat perhatian dari pemda MM, kalau bisa pemda membuat kegiatan sosial donor darah dengan melibatkan ASN sebuah program kegiatan hidup sehat sambil bersedekah darah meraih amal,”jelas Saprin.(top)