//Kondisi 3 Ruang belajar Rusak Parah//

Semarfm.com – Cukup memprihatinkan kondisi pendidikan di Kabupaten Mukomuko (MM), salah satu penunjang mutu pendidikan adalah tersedia nya sara dan prasarana yang memadai. Namun lain halnya yang terjadi di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 03 Desa Teramang Jaya Kecamatan Teramang Jaya. Sekolah yang berada di wilayah tempat kelahiran Bupati MM H. Sapuan, SE, MM, Ak, CPA, kondisi bangunan tempat belajar mengajar rusak parah dan memprihatinkan. Gedung SDN 03 yang dibangun sekitar tahun 1981, saat ini 5 dari ruangan sekolah hanya bisa di manfaatkan 2 ruang saja. Sedangkan tiga ruang yang selama ini di jadikan tempat belajar siswa kondisinya tidak layak mulai dari lantai pecah, jendela lapuk, plafon rubuh serta atap bangunan jebol. Diketahui pihak SDN 03 sering memberikan usulan pengajuan pembangunan kepada pemerintah daerah namun hingga saat ini SDN 03 Teramang Jaya tidak tersentuh oleh pembangunan.
Diungkapkan Kepala SDN 03 Alpian, S.Pd, Sd , kerusakan bangunan di SDN 03 terdiri dari 3 gedung yakni, Ruang Belajar Kelas IV, V dan VI. Saat ini hanya tertinggal 2 ruang di manfaatkan untuk kegiatan belajar mengajar. Alpian menerangkan untuk upaya pengajuan usulan pembangunan dan rehabilatasi bangun di SDN 03 telah dilakukan sejak tahun 2019 kepada Pemkab MM melalui Dinas Pendidikan Kabupaten MM. Namun di akui Alpian, sampai saat ini belum terealisasi.

Aktivitas murid SDN 03 dari kelas I sampai kelas VI selama ini belajar hanya di 2 ruang secara bergantian.

“Kerusakan terparah mulai terjadi pada dua tahun belakangan ini pada tiga ruangan tersebut. Usulan tiap tahun kami lakukan kepada Diknas sejak tahun 2019. Namun SD kami sampai tahun 2021 ini tidak tersentuh pembangunan sama sekali. Dua ruang yang bisa dimanfaat saat ini, salah satu ruangan kami jadikan ruang guru, sedangkan untuk kegiatan belajar optimalnya hanya satu ruangan. Kami berharap pihak Pemerintah daerah melalui Dinas terkait bisa memperhatikan kondisi sekolah kami ini, agar ruangan bisa layak untuk kegiatan belajar mengajar,”keluh Alpian.

Roni Pasla Anggota DPRD Kabupaten Mukomuko

Perihal SDN 03 yang bangunan rusak parah ini mendapat respon langsung dari Roni Pasla anggota komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten MM. Dikatakan Roni Pasla, kejadian mirisnya kondisi bangunan SDN 03 Kecamatan Teramang ini sungguh membuatnya prihatin. Sebab penunjang naik nya mutu pendidikan salah satu adalah bagus dan baiknya sara bangunan dan lingkungan sekolah.

“saya baru tahu kalau ada sekolah yang kondisi bangunannya separah ini. Ini bisa di kategorikan rusah parah. Seharusnya bangunan sekolah seperti ini yang harus di perhatikan dan di dahulukan pembangunan. Kami akan mempertanyakan kepada pihak dinas terkait, kok bisa sekolah SDN 03 Teramang Jaya ini tidak ada pembangunan, padahal ada dana DAK untuk penunjang pendidikan di dinas terkait,”tegas Roni Pasla.

Sukandi Anggota DPRD Kabupaten Mukomuko dari Fraksi PKS

Selain itu Sukandi anggota DPRD MM dari dapil II juga merespon terkait kondisi bangunan SDN 03 yang rusak parah tersebut tidak tersentuh oleh pembangunan sejak beberapa tahun lalu itu. Ditegaskan Sukandi, sarana dan prasarana untuk kegiatan belajar mengajar di satu sekolah harus baik dan layak. Sukandi meminta pihak dinas terkait, memperhatikan secara khusus kondisi SDN 03 Teramang Jaya tersebut. Pasalnya dalam waktu dekat akan dilaksanakan kegiatan belajar atap muka.

“Sebentar lagi kan belajar tatap muka akan di gelar, kalau kondisi gedung sekolah seperti itu bagaimana para siswa bisa belajar dengan optimal. Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam menyambut kegiatan belajar tatap muka nanti, harus di optimalkan tiga ruangan yang rusak tersebut untuk di perbaiki. Kalau kita hanya terfokus pada tenaga pendidik sedangkan sarana lain tidak baik, bagaimana mutu pendidikan kita akan bagus. Kalau gedung untuk ruang belajar rusak parah begitu para siswa akan malas belajar, dana akan menimbulkan masalah baru lagi. Saya ingin ada perhatian khusus dari instansi terkait terhadap SDN 03 Teramang Jaya tersebut,”tutup Sukandi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan Kabupaten Mukomuko H. Drs Ruslan, M.Pd

Dikonfirmasi Kepala Dispendikbud Kabupaten MM H. Drs. Ruslan, M.Pd, baru mengetahui perihal kondisi SDN 03 Teramang Jaya tersebut. Respon cepat dan tanggap langsung disampaikan Ruslan, rencananya dalam waktu dekat, Ruslan akan mendatangi SDN 03 untuk menggelar sidak, untuk melihat secara langsung di SD tersebut.

“Saya baru mengetahui kondisi SDN 03 begitu. Secepatnya kami akan sidak melihat kondisi bangunan SD tersebut. Jika dalam sidak nanti kondisi rusak parah, akan kita proritas pembangunan di SDN 03 teramang jaya, agar kegiatan belajar tatap muka para dalam waktu dekat ini bisa optimal,”ungkap Ruslan.(top)