//6 Anggota Dewan Dari 3 Dapil Angkat Bicara//

Semarfm.com – Dukungan rencana usulan penambahan kuota kursi anggota legislatif dan perombakan serta penambahan dapil pada pemilu 2024 semakin bertambah. Setelah menjadi pembicaraan hangat di tengah masyarakat, rencana tersebut juga menjadi pembahasan hangat di gedung DPRD Kabupaten Mukomuko (MM). Sebelumnya 4 orang anggota dewan mendukung rencana tersebut, hari ini sebanyak 6 orang anggota dewan memberikan persetujuan rencana usulan tersebut dan akan di bahas secara serius.

Busra dan Damsir anggota DPRD Kabupaten MM dari fraksi partai Gerinda.

Diungkapkan Busra anggota DPRD dari fraksi Gerindra, ia mendukung dan setuju atas penambahan kursi dan dapil pada pemilu 2024. Pasalnya, jika hal tersebut terealisasi akan mengoptimalkan dan pemerataan keterwakilan masyarakat untuk duduk di legeslatif. Dampak baiknya jika hal itu terjadi, akan mengurangi biaya penyelenggaran pemilu di Mukomuko.

“Saya setuju, jika kursi bertambah tentu dapil juga akan di jadikan lima. Kalau lima bisa perwakilan dari dapil enam orang yang akan duduk di gedung legislatif. Rencana adalah langkah bagus dan akan kami perjuangakan terealisasi,”ujar Busra di dampingi Damsir anggota DPRD dapil II.

Hal senada juga di lontarkan oleh Maskur anggota DPRD MM dapil 1 dari partai PKB menyatakan, untuk penambahan daerah pemilihan (dapil) jika bertolak ukur dengan penambahan kursi di legeslatif perlu dikoreksi secara baik. Untuk itu perlu dilakukan pembicaraan bersama dengan perwakilan tokoh masyarakat setiap kecamatan untuk mendengar usulan mereka.

“Saya pribadi sangat setuju hal itu. Terlebih dengan bertambah jumlah jatah kursi di dewan, maka dipastikan penyerataan perwakilan dari dapil akan lebih baik. Dampaknya arah pembangunan akan lebih merata di setiap wilayah di daerah ini,”terang Maskur.

Roni Pasla dan Samsudin Sihite anggota DPRD Kabupaten MM dari fraksi PDI Perjuangan

Peryantaan persetujuan  penambahan kursi dan dapil lebih lantang di katakan politisi sekaligus ketua fraksi Partai berlambang banteng Roni Pasla. Dengan terlaksananya rencana tersebut, tentu nuansa politik di Kabupaten MM akan lebih adem. Alasannya mengatakan itu, karena jika 6 orang perwakilan perdapil duduk di legeslatif, tentu perebutan suara tidak akan panas.

“Rencana ini sangat baik, saya setuju hal ini bisa terlaksana. Dengan jumlah penduduk yang saat ini mencapai hampir 200 ribu jiwa di targetkan tahun 2022 besar kemungkinan akan terealisasi. Kalua penambahan jumlah kursi aturannya sudah mengikat, hanya tinggal PR membahas masalah dapil dari tiga akan dijadikan lima, perlu di bahas secepatnya,”ungkap Roni di dampingi Samsudin Sihite anggota DPRD dapil II.

Kabri anggota DPRD Kabupaten Mukomuko Ketua Fraksi PAN

Sedangkan dimintai tanggapan Kabri anggota DPRD MM dari fraksi PAN, ia menyatakan setuju rencana usulan penambahan kursi dan dapil tersebut. Sedangkan hal yang harus di koreksi menurutnya adalah masalah penambahan dapil. Pasalnya untuk menentukan dapil tergantung dari jumlah mata pilih, dan hal itu harus di kaji dengan benar sesuai dirasakan oleh masyarakat.

“Kalau usulan itu saya sangat setuju, namun untuk dapil itu harus di kaji dengan baik. Jika patok kan semua 6 perdapil, tentu dapil yang mata pilihnya banyak tidak se imbang. Disini perlu pengkajian bersama untuk penempatan dapil sesuai dengan mata pilih, sehingga ke inginan penyeteraan perwakilan dan pemerataan pembangunan tercapai,”tutup Kabri.(top)