//Jajat : Masyarakat Tak Perlu CT Scan Ke Luar//

Perehaban ruangan khusus untuk CT Scan di RSUD MM.

 

Semarfm.com – Program peningkatan pelayanan untuk masyarakat terus digelar pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Mukomuko (MM). Tahun ini pihak RSUD mendapat kucuran dana sebesar Rp 14.493.864.775 dari Kemenkes RI. Bantuan dana program Kemenkes tersebut adalah dana Bantuan Umum Negara (BUN) khusus untuk dalam rangka penanganan Covid 19. Dana bantuan BUN tersebut,dimanfaatkan untuk pembelian peralatan CT Scan di RSUD MM.

Diungkapkan Direktur RSUD MM Tugur Anjastiko, bantuan dana BUN tersebut di dapat, setelah pihak RSUD MM mengajukan proposal program Kemenkes, dalam penanganan Covid 19 yang saat ini menjadi perhatian khusus dari pemerintah. Program dana BUN yang sudah berjalan, digunakan untuk pembelian alat-alat medis sistem Ekatalog.

“Kami mengutamakan dana BUN tersebut untuk pembelian alat-alat CT Scan. Selama ini kan masyarakat (pasien) Mukomuko, untuk CT Scan harus dirujuk ke rumah sakit Sumbar atau ke rumah sakit kota Bengkulu. Kalau sekarang tidak lagi, kita sudah ada alat tersebut,”ungkap Tugur.

Sementara itu dijelaskan Kasubag RM, Perencanaan dan Pelaporan RSUD MM Jajat Sudrajat SKM, saat ini RSUD MM mendapatkan bantuan penyedia Medical Gas, dalam bentuk pengadaan Oxygen Concentrator. Bantuan lain dari anggaran Kemenkes RI tersebut berupa barang bukan berupa dana.

“Dengan adanya bantuan oxygen concentratur, saat ini RSUD kita tidak perlu lagi ambil dari luar. Sebab dengan adanya alat tersebut kita sudah bisa memproduksi oksigen sendiri. Kita akan upayakan kedepannya, lebih fokus untuk mendapat suport dana dari pusat di bawa ke daerah. Upaya tahun ini ada keberhasilan, mudah-mudahan tahun 2021 kita dapat lebih lagi,”tutup Jajat.(top)