//Haidir : Sesegera mungkin Akan Ditindak Lanjuti Surat Ini//

Kedatangan tokoh adat disambut langsung Plt Bupati Haidir di ruang kerjanya

 

Semarfm.com – Setelah mendapat respon positif dari anggota DPRD MM beberapa waktu lalu, terkait permintaan tokoh adat,pemuda dan masyarakat Desa Penarik, untuk peninjauan ulang izin perpanjangan HGU PT Agro Muko. Kali ini respon positif kembali diberikan Plt Bupati Haidir, setelah menerima dan membaca surat pengaduan fan permintaan masyarakat. Sebanyak dua orang perwakilan tokoh adat Desa Penarik,mendatangi gedung Pemkab MM untuk menyerahkan secara langsung surat pengaduan dan permintaaan peninjauan ulang lahan HGU perusahaan tersebut ke Plt Bupati.

Diungkapkan Plt Bupati MM Haidir di ruang kerjanya, ia menyatakan siap menindak lanjuti surat permintaan dari para tokoh adat Desa Penarik terkait permasalahan HGU PT Agro Muko dan masyarakat tersebut. Langkah awal yang akan dilakukan adalah, secepatnya mengundang pihak PT Agro Muko untuk mediasi. Dalam mediasi yang digelar nanti, akan dihadiri Pemkab MM, DPRD MM dan tokoh adat Desa Penarik.

“Saya terima surat pengaduan ini, secepatnya akan di tindak lanjuti. Nanti kita atur jadwal untuk mediasi dengan pihak perusahaan pemerintah serta tokoh adat dan tokoh masyarakat,”ungkap Haidir.

Sementara diminta tanggapan Burhan salah seorang tokoh adat Desa Penarik juga kepala kaum enam dihulu, surat yang diberikan kepada Plt Bupati adalah, surat resmi yang sudah di tanda tangani oleh seluruh kepala kaum, kepala adat, BPD serta karang taruna. Dijelaskan Burhan, dalam surat itu masyarakat meminta peninjauan ulang lahan HGU, pengembalian sertifikat tanah ulayat dan pembebasan lahan untuk pemukiman, fasilitas umum dan kebun masyarakat serta meminta perusahaan memikirkan kesejahteraan masyarakat desa penyangga.

“Kami tidak menghambat investor di daerah ini, tetapi kami hanya menginginkan hak kami sebagai masyarakat di kembalikan perusahaan. Kami meminta pada wakil-wakil kami yang ada di pemerintahan membantu masyarakatnya. Kami menginginkan masalah kami ini bisa selesai secepatnya,”ujar Burhan.(top)