//Haidir : Saya Setuju Tinjau Ulang Izin Perpanjangan HGU Perusahaan//

Haidir Plt Bupati MM merespon permintaan masyarakat tinjau ulang HGU perusahaan.

 

Semarfm.com – Terkait permasalahan hak tanah ulayat Adat Desa Penarik Kecamatan Penarik, sehingga berdampak pada perpanjangan HGU pihak PT Agro Muko tampaknya berbuntut panjang. Setelah para tokoh adat mendapat respon positif dari anggota DPRD Kabupaten Mukomuko (MM), permasalahan yang di alami masyarakat tersebut juga mendapat respon positif dari Plt Bupati MM Haidir. Selain merespon untuk pengembalian hak tanah ulayat adat, ia juga merespon permintaaan masyarakat ingin dilakukan peninjauan ulang seluruh perpanjangan izin HGU perusahaan yang ada di Kabupaten Mukomuko. Hal ini dikatakannya disela rapat diruang kerja Plt Bupati.

Diungkapkan Plt Bupati MM Haidir, mengenai permintaan masyarakat, tokoh adat dan kaum tentang tanah ulayat adat yang di kelola pihak perusahaan, harus ada titik terang. Ia juga menyetujui permintaan masyarakat mengenai peninjauan ulang izin perpanjangan HGU seluruh perusahaan yang ada di MM.

“Saya meminta, para tokoh adat, kaum dan masyarakat untuk secepatnya mengirim surat permintaan pengembalian hak tanah dan keinginan peninjauan ulang perpanjangan izin HGU perusahaan yang ada di Mukomuko”ungkap Haidir.

Saat dimintai keterangan terkait adanya surat penolakan pihak perusahaan untuk melakukan mediasi dengan Pemkab MM melalui Plt Bupati, ia membenarkan ada pengiriman surat kepada PT Agro Muko pada tanggal 12 Oktober lalu. Surat balasan dari pihak PT Agro Muko pada tanggal 13 Oktober 2020. Surat itu berisi permintaan maaf tidak bisa menghadiri mediasi yang diinginkan Pemda MM.

“Memang ada kami mengirim surat meminta mediasi dengan perusahaan itu, mereka (pihak perusahaan red) mengirim balasan permohonan maaf tidak bisa hadir karena ada acara sehari sesudah surat yang kami kirim. Mediasi yang akan kami lakukan itu, terkait masalah perpanjangan HGU ini,”jelas Haidir

Dikonfirmasi Burhan Kepala Kaum Enam Dihulu Desa Penarik Kecamatan Penarik, mengenai dukungan Plt Bupati MM kepada masyarakat terkait pengembalian lahan ulayat adat dan peninjauan kembali perpanjangan izin HGU PT Agro Muko, burhan menyatakan siap bersama kepala adat mengirimkan surat yang di inginkan Plt Bupati secepatnya.

“Kami atas nama tokoh adat,kaum dan masyarakat Penarik mengucapkan terima kasih kepada wakil kami di DPRD dan Plt Bupati yang memikirkan dan merespon masalah yang kami hadapi. Sesegera mungkin surat yang di inginkan akan kami serahkan,”demikian Burhan.(top)