Semarfm. Com – Mukomuko : Usaha Pemerintah Daerah mempercantik lokasi wisata Danau Nibung melalui Dana pemerintah pusat akan segera terwujud, dimana pada tahun 2020 mendatang, Kabupaten Mukomuko bakal menerima Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pembangunan pariwisata. Bahkan, pihak Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Mukomuko sudah mendapat rincian yang akan dibangun menggunakan DAK ini.

“Alhamdulillah, DAK pariwisata sudah pasti, tidak ada pengurangan, tetap Rp 3,9 miliar sesuai yang disampaikan sebelumnya,” ujar Kadis Parpora Kabupaten Mukomuko, Apriansyah, ST., MT. Rabu 20/11/19 di kantornya

Dijelaskan Afriansyah dari total DAK sebesar Rp 3,9 miliar tersebut akan membangun tiga item pekerjaan. Pertama akan membangun Dermaga Wisata dengan alokasi dana sekitar Rp 1 miliar.

Afriansya Kadis Parpora Mukomuko

“Dermaga ini untuk menunjang wisata yang telah tersedia saat ini, yaitu wisata keliling Danau Nibung menggunakan perahu,” jelas AP.

Selain Dermaga juga akan dibangun landscape dimana pada item ini meliputi pembangunan taman, lampu taman, serta gazebo dengan alokasi anggran sekitar Rp 1,8 miliar. Selanjutnya juga dibangun pusat kuliner dan Mushola dengan anggaran Rp 977 juta.

“Pembangunan ini tujuannya tidak lain untuk meningkatkan daya tarik objek wisata Danau Nibung,” terang Af

Katanya, DAK pertama yang akan dimanfaatkan untuk mempercantik di titik yang saat ini sudah ramai. Sementara untuk titik – titik lain, rencananya akan dilanjutkan pada tahap berikutnya. “pada perencanaan kita, untuk pengembangan objek wisata Danau Nibung ini memang akan menghabiskan dana sekitar Rp 17 miliar. Pembangunan secara bertahap lima tahun kedepan. Mudah-mudahan kita didukung aliran DAK terus,” ujar Kadis yang akrab dengan insan pers ini

Ditambahkannya, pihak akan berupaya secepat mungkin memulai beberapa item pekerjaan tersebut. Ia berharap, proses pembangunan ini bisa mendapat dukungan masyarakat, khususnya masyarakat yang saat ini berusaha di Danau Nibung.

“Ketika dana ini sudah bisa dibelanjakan, akan segera kita mulai. Sudah pasti pada saat pembangunan nanti ada aktivitas masyarakat di situ akan terganggu, harap maklum dan kami berharap dukungan dari masyarakat ” ujar Af

Pewarta @d-