Semarfm. Com – Mukomuko : Pemerintah Daerah Kabupaten Mukomuko dalam waktu dekat akan memberlakukan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik  ( SPBE )  dengan mengacu kepada  Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Perpres 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik ditandatangani Presiden Joko Widodo pada tanggal 2 Oktober 2018 dan diundangkan dalam Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2018 Nomor 182 oleh Menkumham Yasonna H. Laoly pada tanggal 5 Oktober 2018 di Jakarta.

Kepala Dinas Kominfo Mukomuko melalui Kepala Bidang Hubungan Media dan Layanan Elektronik mengatakan,  ” kita sedang mengajukan pembuatan Perda” ke DPRD Mukomuko agar pelaksanaanya mendapat payung hukum ” ujar Zoni Furwanda ketika ditemui di kantornya selasa 29/10/19

Seperti diketahui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Nasional sebagai salah satu misi pembangunan nasional sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2OO7 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Nasional 2OO5 – 2025 adalah mewujudkan bangsa yang berdaya saing. Misi ini dapat dilakukan melalui pembangunan aparatur negara yang mencakup kelembagaan, ketatalaksanaan, pelayanan publik, dan sumber daya manusia (SDM) aparatur.

Tujuan dari pembangunan aparatur negara adalah mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, peningkatan kualitas penyelenggaraan administrasi pemerintahan, dan peningkatan partisipasi masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan. Kesiapan aparatur negara diperlukan untuk mengantisipasi proses globalisasi dan demokratisasi agar pemerintah melakukan perubahan mendasar pada sistem dan mekanisme pemerintahan, penyusunan kebijakan dan program pembangunan yang membuka ruang partisipasi masyarakat, dan pelayanan publik yang memenuhi aspek transparansi, akuntabilitas, dan kinerja tinggi.

Ketika dikonfirmasi ketua komisi III DPRD Mukomuko Wisnu Hadi membenarkan pihak pemerintah melalui Dinas Kominta mengajukan Raperda SPBE ( Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik)  ” iya betul,  kita sedang pelajari dan segera akan dibahas ” ujarnya di ujung HP.

Pewarta : @4n6