Semarfm.com – Mukomuko : Banyaknya kasus penyelewengan dalam penggunaan anggaran terutama Dana Desa di Pemberitaan baik media nasional maupun media lokal, Inspektur Inspektorat Wilayah Kabupaten Mukomuko menyampaikan pesanya kepada seluruh Kepala Desa dan Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) khususnya desa-desa di Kabupaten Mukomuko.

“ Kami memiliki tim Auditor di Inspektur Bantuan (IRBAN) 4 , dan kami akan bergiliran datang ke desa-desa. Jangan takut kalau diperiksa. Kita akan bantu kalau ada kekurangan. Jika kami sudah menerbitkan laporan hasil pemeriksaan (LHP) segera tindak lanjuti dalam tempo 60 hari,” ungkap Sukiman, SP saat di konfirmasi semarfm.com selasa (03/09 /2019)

Sukiman. SP kepala Inspektorat MUKOMUKO

Lebih lanjut Sukiman mengatakan dana dari pusat dan daerah terus bertambah setiap tahun. Kepala desa sebagai kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dana desa (DD) diminta cermat dan berhati-hati menggunakan anggaran. Jika tidak, maka jangan harap bisa tidur tenang. Saking pentingnya desa, dana yang diberikan sangat besar.

Sesuai fungsi Inspektorat Daerah (Ipda) memang melakukan pembinaan dan pengawasan. Pihaknya juga akan membantu para kades terutama dalam hal laporan. Sukiman meminta kepala desa proaktif menindaklanjuti LHP, karena jika tidak pihaknya terpaksa akan meneruskan ke aparat penegak hukum.

Saat di singgung masalah dana Bumdes, lelaki asal Kecamatan Teramang Jaya ini meresponya
“Berdasarkan amanat Permendesa nomor 4 tahun 2015 pasal 12 nomor 3 huruf (a), (b) dan (c) pengurus BUMDes seharusnya melaporkan perkembangan kegiatan setiap bulan dan perkembangan sekurang-kurangnya 2 (dua) kali setahun kepada masyarakat Desa dalam forum Musyawarah Desa” pungkasnya

Pewarta : ito