Semarfm.com – Pondok Suguh : Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 13 tahun 2018 tentang Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah dan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal telah ditetapkan oleh Menteri Pendidikan di Jakarta tertanggal 25 April 2018.

Dalam ketentuan umum dalam Permendikbud tersebut disebutkan bahwa Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Provinsi yang disingkat BAN-S/M Provinsi adalah badan evaluasi nonstruktural di tingkat provinsi yang membantu BAN-S/M dalam pelaksanaan Akreditasi.

MTs PPM Al-Ihsan

BAN-S/M Provinsi dapat dibantu oleh Koordinator Pelaksana Akreditasi atau yang dalam Permendikbud sebelumnya disebut Unit Pelaksana Akreditasi Sekolah/Madrasah (UPA-S/M) yang beroperasi di kabupaten/kota.

Dalam kesempatan ini BAN-S/M Provinsi Bengkulu membuktikan komitmenya untuk menjaga mutu pendidikan Sekolah /Madrasah di wilayah Kabupaten Mukomuko dengan menurunkan Koordinator Pelaksana Akreditasi berjumlah dua orang, Sulianto, Spd dan Drs. Zulhanif dipercaya sebagai petugas asesor ke Sekolah MTs PPM Al Ihsan Desa Bumi Mekar Jaya Kecamatan Pondok Suguh Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu untuk melakukan visitasi akreditasi.

Indro Kasianto S.Pdi kepala sekolah MTs PPM Al-Ihsan

Hal ini di benarkan oleh Kepala Sekolah MTs PPM Al Ihsan, Indro Kasianto, S. Pdi saat di kunjungi semarfm.com di ruang kerjanya, jumat (30/08 /2019)
” Tahun ini MTs PPM Al Ihsan masuk dalam seleksi uji kelayakan sarana dan prasarana pendidikan yang di adakan oleh Badan Akreditasi Provinsi (BAP)” Ucapnya.

Lebih lanjut Indro mengatakan kegiatan ini juga merupakan suatu indikator dalam pengukuran semua aspek pendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah dalam peningkatan indeks mutu pendidikan hingga kedepannya di harapkan MTs PPM Al Ihsan bisa menjadi rujukan masyarakat khususnya orang tua siswa-siswi untuk menyekolahkan putra-putrinya ke jenjang yang lebih tinggi. Pelaksanaan kegiatan tersebut berlangsung dari tanggal 30 Agustus 2019 sampai 31 Agustus 2019 di ruangan yang telah di siapkan sekolah.

Di tempat yang sama, Kepala Tata Usaha MTs PPM Al Ihsan, Imim, A.Md.Kom mengatakan ada beberapa standar dalam Pengumpulan Data dan Informasi Pendukung Akreditasi antara lain :

  1. Standar Isi,
  2. Standar Proses,
  3. Standar Kompetensi Lulusan,
  4. Standar Pendidik dan Tenaga Pendidikan,
  5. Standar Sarana dan Prsarana,
  6. Standar Pengelolaan,
  7. Standar Pembiayaan dan
  8. Standar Penilaian.

” Dari 8 standar tersebut berisi 124 poin yang harus di penuhi oleh pihak sekolah jika mengacu pada Standar Nasional Pendidikan ” jelasnya.

Ditambahkan Imim, instrumen yang di uji nantinya akan dijadikan bahan apakah sekolah tersebut sudah memenuhi indikator tersebut dan secara standarisasi sudah memenuhi apa belum.

MTs PPM Al Ihsan yang berkedudukan di Desa Bumi Mekar Jaya yang berdiri pada Tahun 1994 yang telah meluluskan lebih dari 21 angkatan dan memiliki fasilitas belajar mengajar berupa :

  • 5 ruang belajar,
  • Ruangan guru,
  • Ruangan Kepala Sekolah
  • Ruangan administrasi,
  • Mushola,
  • Ruangan BK
  • Ruangan lab komputer
  • Ruangan perpustakaan
  • Ruangan UKS
  • 3 buah toilet siswa/siswi
  • 1 toilet guru
  • Lapangan futsal , volly dan takraw

Saat ini MTs PPM Al Ihsan memiliki 109 siswa/siswi dan pada periode visitasi akreditasi Tahun 2014 telah mendapatkan predikat C

Pewarta : 1to