Semarfm.com – Mukomuko : Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (PMD) Kabupaten, Gianto, SH. M. Si mewajibkan seluruh Kepala Desa di Kabupaten Mukomuko untuk memasang baliho Rincian Rencana penggunaan APBdes dan Pasca Pelaksanaannya, minimal di kantornya masing-masing.

Hal itu di ungkapkan Gianto di konfirmasi semarfm.com via telepon, Kamis (29/08 /2019).

Gianto SH.M.Si Kadis PMD Mukomuko

Menurutnya, kewajiban tersebut tertuang dalam Permendagri Nomor : 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, Sebagaimana dimaksud dalam pasal 40 ayat 1, tentang Laporan Realisasi dan Laporan Pertanggungjawaban Realisasi Pelaksanaan APBDesa sebagaimana dimaksud dalam pasal 37 dan 38 diinformasikan kepada masyarakat secara tertulis dan dengan media informasi yang mudah diakses oleh masyarakat. Ayat 2 media informasi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) antara lain papan pengumuman, radio komunitas dan media informasi lainnya.

” Saya menghimbau kepada seluruh Kepala Desa di Kabupaten Mukomuko untuk mengganggarkan pembuatan Baliho rencana penggunaan dana desa dan pasca pelaksanaannya dan yang tidak memasang papan pengumuman kami akan menyurati Kepala Desa tersebut agar segera memasangnya” jelasnya.

Gianto menambahkan, tercantum dalam Permendagri Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa Pasal 68 ayat 1 huruf a, Masyarakat Desa Berhak ; Meminta dan mendapatkan informasi dari Pemerintah Desa serta mengawasi penyelenggaraan kegiatan Pemerintah Desa, Pembinaan kemasyarakatan Desa dan Pemberdayaan masyarakat Desa. pihaknya mengajak seluruh masyarakat mengawasi penggunaan dana desa agar digunakan secara transparan dan benar-benar demi kepentingan masyarakat. Itu di juga 
“Mahasiswa, aktivis, wartawan dan seluruh masyarakat di Kabupaten Mukomuko, ayo kita awasi bersama DD dan ADD, itu uang kita bukan uang pribadi Kades,” tandasnya

Pewarta U-0n0