Semarfm. Com – Mukomuko : Kabupaten Mukomuko resmi menjadi sebuah daerah otonomi sejak 2003 lalu. Artinya saat ini usia Kabupaten Mukomuko telah mencapai 16 tahun lebih. Sebagai sebuah daerah otonomi, Kabupaten Mukomuko tentu memiliki aset untuk menunjang jalannya roda pemerintahan.

Pihak Badan Keuangan Daerah (BKD) Mukomuko menyatakan, nilai keseluruhan aset daerah Mukomuko berdasarkan sejak 2003 hingga 2018, mencapai Rp 1,5 triliun.

Kantor Bupati Mukomuko

“Rp 1,5 triliun itu, nilai keseluruhan aset milik Mukomuko per 2018, setelah dihitung penyusutan nilai aset,” ungkap Kepala BKD Kabupaten Mukomuko, Agus
Sumarman, M.PH., MM, melalui Kabid Aset Daerah, Budiarto, ST. saat dikonfirmasi kemarin.

Dirincikan Budi, sejak 2003 nilai aset tanah mencapai Rp 129,576 miliar, aset peralatan dan mesin mencapai Rp 322,126 miliar, aset gedung dan bangunan sebesar Rp 573,092 miliar, aset jalan, irigasi dan jaringan mencapai Rp 1,158 triliun, aset tetap lainnya
mencapai Rp 54, 800 miliar, serta aset berupa konstruksi dalam pengerjaan mencapai Rp 18,649 miliar.

“Pada 2017 lalu, nilai aset Mukomuko mencapai Rp 2 triliun. Tapi setiap tahun selalu terjadi penyusutan khususnya aset bergerak dan gedung. Susut nilai aset Mukomuko mencapai Rp 759 miliar,” ungkapnya lagi.

“Nilai penyusutan itu berdasarkan nilai akumulasi terhitung sejak tahun 2003 hingga 2018, bukan hitungan pada satu
tahun. Memang nilai penyusutanya cukup besar. Penyusutan itu tidak bisa kita hindari, khususnya aset bergerak seperti kendaraan dinas, mesin dan gedung,” terangnya.

Dijelaskannya lagi, siklus nilai aset pemerintah itu terus berputar. Pada tahun ini aset Kabupaten Mukomuko dipastikan bertambah, namun juga dapat dipastikan ada penyusutan pada aset yang telah ada.

“Dari pembangunan dan pengadaan yang dilakukan pada tahun ini nilai aset pasti bertambah, tapi aset yang sudah ada juga menyusut nikainya. Kecuali Kalau nilai aset berupa tanah dan ternak akan terus bertambah. Berapa total nilai aset Mukomuko per 2019, akan diketahui nanti,” pungkasnya.

Pewarta : @d-