Semarfm.com – Pondok Suguh : Batas Desa adalah pembatas wilayah administrasi pemerintahan antar Desa yang merupakan rangkaian titik-titik koordinat yang berada pada permukaan bumi dapat berupa tanda-tanda alam seperti igir/punggung gunung/pegunungan (watershed), median sungai dan/atau unsur buatan dilapangan yang dituangkan dalam bentuk peta.

Penetapan dan penegasan batas wilayah sebuah Desa harus menjadi prioritas pemerintah. Jika batas wilayah tidak jelas, selain bisa menghambat Pemerataan pembangunan di desa juga dapat berpotensi terjadinya konflik antar warga desa.

Tentu hal ini harus bisa dihindari, masing masing pihak harus dapat menahan diri. Perlu ketegasan dan campur tangan Pemerintah Daerah dalam hal ini.

Demikian halnya dengan perbatasan Desa Air Hitam dan Desa Teluk Bakung yang belum menemui titik terang, saling Klaim masing-masing pihak membuat Camat Pondok Suguh, Abdul Hadi, S. Sos angkat bicara


“Sudah pernah di bahas di Tingkat Kecamatan awal tahun 2017 yang lalu, kita undang kedua belah pihak dalam hal ini Pemdes Air Hitam dan Pemdes Teluk Bakung, Tokoh masyarakat dari dua Desa tersebut dan Tokoh Desa Pondok Suguh” ucapnya saat di konfirmasi awak media Senin (26/08/2019).

Lebih lanjut Mantan Ajudan Wakil Bupati ini mengatakan pihaknya akan mencari solusi dan kesepakatan karena batas dua Desa tersebut memang  belum ada titik temu. Kesimpulan rapat saat itu Pemdes Air Hitam minta diberi waktu untuk membahas terlebih dahulu di tingkat Desanya. Sedangkan Pemdes Teluk  Bakung siap menunggu dan tidak terlalu banyak meminta,
” Saat itu Pemdes Teluk Bakung tidak banyak meminta, dalam artian cukup batas perumahan warga yang sudah ada” Lanjutnya.

Diakuinya, akhir tahun 2017 yang lalu masalah telah di sampaikan ke Bagian Pemerintahan Setdakab Mukomuko,
“Kami telah berkoordinasi di Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Mukomuko, mohon untuk dibahas lebih lanjut oleh tim batas Desa Kabupaten, tapi sampai saat ini belum ada tindak lanjut” ungkapnya

Hadi menambahkan untuk selanjutnya akan kembali berkoordinasi dengan Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Mukomuko
” Mudah mudahan tercapai kesepakatan kedua belah pihak, jika belum juga ada titik terang kami akan melakukan pertemuan kembali dengan Pemdes terkait dalam waktu dekat ” tutupnya.

Pewarta : U-0n0