Semarfm.com – Pondok Suguh : Batas suatu wilayah pemerintah sangatlah penting, untuk mengukur luas daerah kekuasaan dan menentukan Pemerataan pembangunan di suatu wilayah.

Demikian disampaikan Kepada Desa Teluk Bakung, Martoto saat di jumpai awak media di kediamanya jumat (23/08 /2019)
” Kami Pemdes Teluk Bakung dan Pemdes Air Hitam pernah duduk bersama di Kecamatan Pondok Suguh tapi sampai sekarang belum ada kejelasanya dan kami bersedia kapanpun untuk kembali duduk bersama Pemdes Air Hitam untuk menentukan batas wilayah” ucapnya.

Teluk bakung

Diakuinya, bulan ini Pemdes Teluk Bakung telah meminta kejelasan kepada Camat Pondok Suguh, dan disarankan ke Inspektorat Kabupaten Mukomuko, oleh Pejabat Inspektorat di rujuk ke Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Mukomuko.
” Di Bagian Pemerintahan kami ditunjukkan Dokumen Batas Desa dan ternyata Pihak Pemdes Air Hitam belum menandatangani dokumen tapal batas” ungkapnya

Lebih lanjut Kepala Desa yang akrab di panggil mas Toto menjelaskan beberapa waktu yang lalu datang petugas dari pusat ( jakarta ) untuk memetakan wilayah di Kecamatan Pondok Suguh tapi dari Pemdes Air Hitam tidak hadir.
“Demi kepentingan bersama dan terwujudnya Pemerataan pembangunan di masing masing wilayah Desa, tolong fasilitasi kami Pemerintah Desa Teluk Bakung dan Pemdes Air Hitam untuk mencari solusi tentang permasalahan yang kami hadapi” lanjut Kepala Desa yang murah senyum ini.

Desa Teluk Bakung awalnya adalah Trans Swakarsa Mandiri ( TSM) program pemerintah pusat Tahun 1994/1995 yang menggabungkan pendatang dengan penduduk asli (pribumi), penduduk pendatang dari Daerah Istimewa Yogyakarta dan lokal dari Desa Air Hitam, Pondok Suguh dan sekitarnya yang secara keperintahan di bawah Pemerintahan Desa Pondok Suguh dengan jumlah kepala keluarga (kk) sekitar sekitar 100 kk.

Pada Tahun 2010 wilayah tersebut memisahkan diri dari Desa Induk yaitu Desa Pondok Suguh dan di beri nama Desa Teluk Bakung. Dengan jumlah kepala keluarga sekitar 87 kk

Secara geografis Desa Teluk Bakung berbatasan dengan Desa Air Hitam, Desa Teramang Jaya dan Desa Pondok Suguh, dan seluruh batas Desa telah selesai kecuali batas yang berhubungan dengan Desa Air Hitam.

Pewarta U-0n0