Semarfm. Com- Mukomuko : Sebagai daerah dengan tatanan tektonik atau lempeng luas yang memiliki mekanisme pergerakan rata-rata cesar naik, provinsi Bengkulu kerap dilanda gempa besar dengan kedalaman dangkal maupun sedang. Daerah yang memiliki 10 kabupaten/kota ini didominasi gempa dengan mekanisme cesar naik. Khusus Bengkulu, terdapat dua segmen subduksi, Megathrust Mentawai-Pagai dan megathrust Enggano. Dua segmen itu menjadi generator utama gempa-gempa megathrust di wilayah Bengkulu. Setiap segmen memiliki potensi kekuatan gempa maksimum yang berbeda. Di segmen megathrust Mentawai-Pagai, kekuatan maksimum gempa wilayah ini bisa mencapai M 8.9. Sementara pada segmen Enggano kekuatan maksimum-nya sedikit lebih kecil, M 8.4.


Mengingat ancaman gempa di daerah yang berbatasan langsung dengan samudera hindia ini dari BMKG Stasiun Geofisika Kepahiang Bengkulu akan membangun shelter penjaringan perapatan Indonesia Tsunami Early Warning System (InaTEWS), Shelter InaTEWS tersebut di bangun di empat daerah di provinsi berjuluk ”Bumi Rafflesia”. Salah satu nya di Kabupaten Mukomuko.
Kepala BPBD Kabuoaten Mukomuko mengatakan, shelter InaTEWS tersebut dilengkapi seismograf atau alat untuk mengukur gempa atau getaran yang terjadi pada permukaan bumi.Pemasangan seismograf tersebut dipasangan di setiap shelter InaTEWS di Wilayah Kabupaten Mukomuko dalam tahun ini juga, terang Syahrizal tegas.”Memang betul pihak BMKG Kepahyang akan memasang alat Ina TEWS tersebut dan kemarin sudah kami temani untuk menentukan lokasi dan Wilayah yang akan di bebaskan di Kecamatan Teramang Jaya seluas lokasi Pemasangan alat tersebut 4×4 meter,” tutur syahrizal menerangkan.Lebih lanjut ia juga menjelaskan kita hanya di minta menyiapkan lokasi dan lahan nya saja, agar lahan tersebut bisa di bebaskan dan menjadi aset Pemkab, soal pembangunan nya itu semua tanggungjawab BMKG Kepahyang dan Insa Allah tahun 2019 ini segera di bangun, ujar Syahrizal ramah.”Kita sudah melakukan dan memastikan kalau lahan untuk pembangunan Ina TEWS tersebut sudah di bebaskan,kita berharap ini segera di bangun,karena Mukomuko termasuk Daerah rawan Gempa yang berpotensi Tsunami, ” tutupnya berharap.

Pewarta : @dmin