Semarfm. com – Mukomuko : Bawaslu Mukomuko memastikan ada 1 TPS di Kabupaten Mukomuko yang akan melakukan pemungutan suara ulang ( PSU) yakni TPS 1 desa Penarik Kecamatan Penarik. Hal itu disampaikan oleh ketua Bawaslu Mukomuko Fadlul Azmi SH di ruang kerjanya kepada media ini pada senin 22/4/19.
” Pemungutan Suara Ulang akan dilaksanakan pada hari Rabu 24/4/19, dan hari ini kelengkapan pencoblosan sudah di jalan ” ujar Fadlul yang juga mengingatkan bahwa pemungutan Suara Ulang ini hanya untuk pemilihan presiden  saja.

Lebih lanjut Fadul mengungkapkan hal ini karena pada saat pencoblosan pada tanggal 17/4/19  lalu pada TPS 1 ini ada 15 orang yang hanya memggunakan e ktp saja,  padahal menurut aturan yang boleh menggunakan e KTP tersebut  adalah warga yang punya hak pilih namun belum terdata dalam DPT, dan disebut Daftar Pemilih Khusus ( DPK).Pemilih kategori ini bisa menggunakan hak pilihnya cukup dengan membawa e-KTP di TPS terdekat sesuai alamat pada e-KTP. Tidak bisa mencoblos di TPS di luar alamat e-KTP.

Namun, pemilih dalam DPK hanya bisa menggunakan hak pilihnya satu jam terakhir sebelum TPS ditutup yaitu pukul 12.00-13.00 waktu setempat, dengan catatan selama surat suara masih tersedia.

Ketua KPU Mukomuko Irsyad membenarkan adanya Pemungutan Suara Ulang ” Benar ada, dan itu di TPS 1 desa Penarik kecamatan Penarik,  dan akan dilaksanakan pada hari Rabu 24/4/19 ” demikian Irsayad yang dihubungi media ini melalui pesan WA.


Pewarta @4ng