Semarfm.com – Mukomuko : Terkait adanya pengusaha galian C yang tidak mengantongi perizinan membuat Para pengusaha tambang galian C  di Kabupaten Mukomuko, khususnya yang telah mengantongi perizinan angkat bicara.Mereka meminta agar pemerintah kabupaten khususnya ESDM Provinsi Bengkulu,bertindak tegas kepada oknum pengusaha tambang yang belum mengantongi perizinan. “Harus ada keadilan.Pemerintah melalui dinas dan instansi terkait harus tegas.Jika, memang benar ada oknum pengusaha itu belum mengantongi perizinan.Usaha tersebut harus dihentikan aktifitasnya hingga  oknum tersebut mengantongi perizinan,”Hal ini ditegaskan oleh Salah seorang pengusaha tambang galian C,Rusman Aswardi,kemarin (28/2).

Menurutnya,ESDM Provinsi Bengkulu ada inspektur pertambangan. Termasuk pihak-pihak berwenang lainnya yang dapat menertibkan hal itu“Yang jelas pemerintah harus tegas. Jika dibiarkan, maka pemerintah seakan-akan melegalkan adanya aktifitas usaha galian C yang illegal. Artinya penggunaan bahan material dari usaha yang tidak mengantongi izin itu juga illegal,”pungkas mantan Anggota DPRD Kabupaten Mukomuko itu.
Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mukomuko, Min Yapini melalui Kabid Penataan,Penaatan,Perlindungan dan Peningkatan Kapasitas,Fernandi dikonfirmasi,membenarkan adanya aktifitas usaha galian C di Desa Pernyah Kecamatan Teramang Jaya,oknum pengusahanya itu belum mengantongi izin lingkungan,dan tetap beroperasi.“Secara persuasif sudah kita panggil dan disarankan menghentikan aktifitasnya hingga terbitnya perizinan,”katanya. Kewenangan untuk melakukan penghentian atau lainnya.Karena,terkait hal tersebut merupakan kewenangan dari ESDM Provinsi dan OPD terkait khususnya yang menerbitkan perizinan.“Kita juga sudah berkoordinasi ke ESDM Provinsi terkait hal tersebut.Namuin hingga saat ini belum ada realisasi lebih lanjut,” ungkapnya.