Semarfm.com – Mukomuko  – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Mukomuko menerima kucuran dana sebesar Rp 3,8 miliar dari Kementrian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Bantuan untuk BUMDes di daerah ini dibagikan langsung secara simbolis oleh Menteri Desa-PDTT, Eko P Sandjojo disela sela kegiatan Sosialisasi Penggunaan Dana Desa di Desa Pondok Makmur Kecamatan Air Manjuto Kabupaten Mukomuko, Minggu (24/2).

Dikonfirmasi, Mentri Eko berharap BUMDes yang menerima bantuan ini dapat mengembangkan usaha disektor pariwisata dan usaha sektor pasca panen.

“Dengan mengembangkan kedua usaha ini diharapkan BUMDes dapat berkembang,” demikian Menteri.

Dijelaskan Kabid Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat (PUEM) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Mukomuko, Juni Erwandi, SIP. Dana Rp 3,8 miliar tersebut diperuntukan bagi 14 BUMDes di daerah ini.

Adapun ke 14 BUMDes yang mendapat bantuan tersebut menerima nilai berbeda-beda. Terbesar BUMDes menerima Rp 1,5 miliar untuk dua BUMDes di daerah ini yakni BUMDes Mekar Jaya Kecamatan Teras Terunjam.

Kemudian lanjutnya, dua BUMDes menerima bantuan Rp 150 juta yakni BUMdes Desa Pasar Bantal Kecamatan Teramang Jaya dan BMDes Desa Mekar Jaya Kecamatan Air Rami.

Selanjutnya, ada 10 BUMDes lain menerima bantuan permodalan usaha masing-masing Rp 50 juta. Salah satunya BUMdes Desa Resno Kecamatan V Koto.

“BUMDes yang menerima bantuan ini merupakan BUMDes yang mengusulkan pada tahun 2018 lalu,” pungkasnya.

Pewarta @dmin