Semarfm.com – Mukomuko : Meskipun Plt Bupati BS Gusnan Mulyadi belum hadir langsung ke Mukomuko, Namun Pemerintah Bengkulu Selatan mengutus Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) untuk mendampingi satu tim penari Andun dan satu group Tembang (Gitar Tunggal,red) ke Kabupaten Mukomuko untuk tampil di pentas seni etnis yang diselenggarakan Pemkab Mukomuko dalam rangka memeriahkan HUT ke16 daerah ini.

Tari Andun dan Tembang ini sendiri merupakan seni tradisional masyarakat Bengkulu bagian Selatan. Tembang tampil pada acara pembukaan kegiatan HUT Mukomuko, Minggu malam (17/2) dan Tari Andun tampil di pentas seni etnis bersama kesenian dari daerah lain, Senin malam (18/2).

Gusnan menitipkan pesan dan ucapan selamat kepada Bupati Mukomuko, H. Choirul Huda, SH dan masyarakat Mukomuko secara umum yang saat ini sedang berbahagia memperingati hari jadi Mukomuko . Pesan ini disampaikan melalui pembacaan sinopsis Tari Andun sebelum pertunjukan.

Penampilan kesenian Bengkulu Selatan di HUT ke-16 Kabupaten Mukomuko ini diinisiasi oleh Persatuan Keluarga Pasemah Serawai (PKPS) Kabupaten Mukomuko.

Ketua PKPS Mukomuko, Surat Purnama mengatakan, hasil pertemuan anggota sekitar sebulan sebelum perayaan HUT Mukomuko, disepakati akan menampilkan kesenian tradisional Bengkulu Selatan.

“Ketika rencana ini kita sampaikan kepada Plt Bupati Bengkulu Selatan beliau langsung merespon, Pemkab BS mengutus Disdikbud untuk mendampingi sanggar. Terkait dana kita kumpulkan dari sumbangan anggota,” ujarnya.

Tampilnya Tari Andun pada kegiatan HUT Kabupaten Mukomuko ini ibarat pepatah, “sekalai mendayung dua, tiga pulau terlampaui”, menunjukan kerjasama yang baik antara Mukomuko dan BS, promosi Tari Andun sendiri agar dikenal masyarakat luar daerah, dan menjadi obat rindu anggota PKPS dengan tanah kelahiran.