Semarfm.com – Ipuh ; Sebagai persiapan pencatatan Rekor Muri Tari Gandai dengan peserta terbanyak yakni minimal 1.000 peserta, dan demi dapat menampilkan yang terbaik, Panitia menyelenggarakan latihan gabungan (Latgab) yang dibagi lima Zona

Kelima Zona tuntas dan sukses melaksanakan Latgab sesuai dengan yang direncanakan. Kemarin (10/2) pelaksanaan Latgab terakhir di Zona 5 untuk Kecamatan Ipuh, Malin Deman, dan Air Rami. Latihan terpusat di lapangan PT. DDP di Kecamatan Ipuh.

Latihan Zona 5 ini dihadiri langsung oleh ketiga Camat yakni Camat Ipuh, Drs. Suwarto, Camat Malin Deman, Suhapri, SH, serta Camat Air Rami, Cartu, S.Pd. selain itu penari dibimbing oleh pelatih yang sudah ditunjuk Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Mukomuko. Turut hadir, perwakilan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Mukomuko selaku Panitia Inti rencana Pencatatan Rekor Muri ini.

Menurut keterangan Risna (26) anggota PWI yang hadir pada latihan mengatakan, jumlah penari yang hadir pada Latgab ini mencapai 170 orang. Jumlah itu sesuai dengan pembagian dimana zona 5 diminta mampu menyediakan penari sekitar 170 orang.

Katanya, hampir sama dengan Zona 4 (Teramang Jaya, Pondok Suguh dan Sungai Rumbai) sebagian besar peserta Latgab sekaligus calon peserta pencatatan Rekor Muri Tari Gandai ini adalah pelajar.

“Dari sekitar 170 peserta yang datang, 95 persen adalah pelajar,” ungkap Risna.

Camat Ipuh Suwarto membenarkan prihal mayoritas penari dari Zona 5 adalah pelajar. Hal itu dilakukan agar pada saat hari pelaksanaan 14 Maret mendatang mudah dimobilisasi.

Kemudian katanya, para pelajar ini sebagai generasi penerus, dengan dilibatkannya para pelajar pada even pencatatan Rekor Muri ini, diharapkan tumbuh kecintaanya terhadap Tari Gandai dan kebudayaan tradisional.

“Ini momentum kita untuk menumbuhkan kecintaan anak muda sebagai generasi penerus terhadap kesenian kita, kebudayaan tradisional Mukomuko,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Zona 5 siap mensukseskan rencana pencatatan Rekor Muri Tari Gandai dengan peserta terbanyak yang digagas PWI Mukomuko bersama Pemkab Mukomuko ini. Terkait hal-hal yang perlu disiapkan lebih lanjut pihak siap berkoordinasi dengan panitia inti.

“Kami Zona lima siap mensukseskan Rekor Muri ini,” ucapnya didamping Camat Malin Deman dan Air Rami.

Sementara itu, ketika dihubungi, pihak panitia dalam hal ini Kordinator Pencatat Rekor Muri Tari Gandai Husni Tamrin atau akrab disapa Aang mengatakan, secara keseluruhan Latgab setiap Zona seluruhnya melebihi dari target.

Menurutnya hal itu bukti antusias masyarakat terhadap rencana ini dan itu menjadi modal untuk mensukseskan rencana ini.

“Kebetulan saya hari ini masih diluar kota, tapi saya sudah dapat laporan dari panitia yang lain jumlah penari yang hadir Latgab 170 lebih. Alhamdulilah sesuai harapan. Tinggal kita matangkan lagi beberapa persiapan,” singkatnya.

Pewarta : @dmin