Semarfm.com – Lubuk Sanai : Guna meningkatkan peranan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kecamatan Lubuk Pinang dan Kecamatan IV Koto, Diskominfo Kabupaten Mukomuko menyelenggarakan Sosialisasi  KIM di Kantor Kecamatan XIV Koto pada hari Selasa(18/12/2018).

Tujuan kegiatan ini  unruk Penguatan Kelompok Masyarakat yang menerima, memverifikasi, menganalisa dan mengolah  informasi sehingga menambah nilai tambah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ini bermakna dengan memanfaat informasi kelompok Informasi masyarakat dapat mengubah sesuatu sehingga menjadi lebih berdaya guna untuk kehidupan.

Camat XIV Koto

“ Saya menyambut baik kegiatan Diskominfo Kabuaten Mukomuko ini mudah mudahan dapat bermanfaat  bagi masyarakat di Kecamatan Lubuk Pinang dn Kecamatan XIV Koto. Desa diharapkan segera membenuk  KIM bagi yang belum ada sehingga potensi masayarakat dan Desa dapat tergali dan  diolah dalam kehidupan bermasyarakat secara keseluruhan. Saya mengucapkan terima kasih terhadap apa yang telah dilakukan Kominfo hari ini dan saya yakin hal ini merupakan bagian tindak lanjut dari program pemerintah Pusat dan pemerintah Daerah dalam rangka mensejahterakan masyarakat “ kata Camat XIV Koto saat membuka sosialisasi ini.

KIM dibentuk dengan maksud untuk meningkatkan pengetahuan, kecerdasan, ketrampilan kearifan yang mendorong berkembangnya motivasi masyarakat dalam berpartisipasi aktif penyelenggraan pemerintahan dan pembangunan.KIM adalah pemerintah dalam rangka penyebarluasan,sosialisasi dan desiminasi informasi, dan sebagai forum media untuk pelayanan komunikasi dan informasi  pemerintahan dan pembangunan.

Pada  sosialisasi ini dijelaskan cara memformat struktur organisasi, pemilihan segmentasi KIM, pendanaan KIM dan Publikasi kegiatan melalui Media Sosial. Dalam mengolah sebuah infomasi KIM memulai dengan menemukan masalah bersama melalui diskusi dengan anggota kelompok, mengenali cara pemecahan masalah, membuat keputusan bersama, melaksanakan keputusan dengan kerjasama dan mengembangkan jaringan informasi untuk memecahkan masalah dan pemenuhan kebutuhan.

“ Pada tahun 2018 ini Diskominfo telah menjadikan Lima kecamatan sebagai pilot project untuk pembinaan dan sosialisasi penguatan KIM yaitu Kecamatan Lubuk pinang, Kecamatan XIV Koto, Kecamatan Airmanjuto, Kecamatan Kota Mukomuko dan kecamatan Air Dikit.beberapa kegiatan tahap awal dari  rangka realisasi pilot projet ini, antara lain; Rapat Koordinasi lIma Camat,  Sosialisasi KIM yang sukses dan terakhir adalah peningkatan pemahaman tentang KIM yang baik dan sukses” Jelas Jaduliwan,SE.MM selaku Narasumber.

Pewarta : @dmin