Semarfm.com – Penarik : Pemerintah Desa Marga Mukti adakan pelatihan untuk peternak ikan air tawar di lingkungan desa marga mukti mengenai peningkatan hasil produktifitas ikan air tawar dan pembuatan pakan ikan.Senin 17 Desember 2018.

Dalam sambutannya Kepala Desa Marga Mukti Marwanto menyampaikan di desa marga mukti mayoritas masyarakat merupakan petani kelapa sawit dan sebagian ada yang memulai budidaya ikan air tawar sejak tahun 2017-2018 Oleh karenanya pemerintah desa berinisiatif untuk mengadakan pelatihan pengembangan budidaya dan pembuatan pakan ikan air tawar.

“ di ketahui bahwa di desa kita ini mayoritas adalah petani kelapa sawit, namun di tahun 2017-2018 ada sebagian masyarakat desa kita memulai budidaya ikan air tawar, namun  banyak kendala yang di sampaikan oleh masyarakat mengenai mahalnya pakan ikan jenis pelet bagi para masyarakat, berangkat dari itu, pemerintah Desa marga mukti berinisiatif untuk mengadakan pelatihan ini “ ujar Pak Kades.

Di sampaikan juga oleh Kades Marwanto bahwa di saat ini kebanyakan masyarakat kita mengeluh tentang murahnya harga jual kelapa sawit, harapan beliau dengan memulai budidaya ikan air tawar secara mandiri atau ber kelompok dapat menjadikan nilai tambah dalam perekonomian masyarakat desa marga mukti.

“ Kita tahu Bahwa masyarakat kita saat ini banyak yang mengeluh tentang murahnya harga sawit, disini saya mengajak masyarakat untuk meningkatkan produktifitas perekonomian dengan berbudidaya ikan air tawar baik secara mandiri ataupun secara kelompok untuk meningkatkan perekonomian masyarakat itu sendiri “ imbuh Beliau.

Marwanto kembali menyampaikan bahwa Prospek untuk budidaya ikan air tawar ini sangat bagus, terbukti sudah mulai banyak tengkulak ikan air tawar yang masuk ke Desa marga mukti untuk menampung hasil panen ikan air tawar dari masyarakat untuk kembali di pasarkan ke luar daerah seperti kabupaten Bengkulu Utara, dan dalam satu bulan desa marga mukti mampu menyediakan  hingga 1 ton ikan lele untuk kebutuhan pasar.

“  saya sampaikan kepada bapak ibu bahwa untuk ikan air tawar khususnya dari desa marga mukti ini banyak tengkulak-tengkulak yang membeli hasil budidaya dari masyarakat kita, yang mana nantinya meraka akan memasarkan kembali ikan kita ini tidak hanya di dalam daerah saja tapi sudah mulai ke luar daerah seperti kabupaten Bengkulu Utara,  dan kita informasikan untuk desa kita saat ini dalam kurun waktu satu bulan, kita mampu menyedikan kebutuhan pasar hingga satu ton ikan air tawar dan ini merupakan Prospek yang bagus untuk di kembangkan “. Ujar Beliau.

Dalam acara ini hadir pula camat kecamatan penarik yang di wakili oleh Rohmat bidang kesejah teraan masyarakat, kecamatan Penarik yang sekaligus membuka acara Pelatihan tersebut, Dalam sambutannya, Rohmat menyampaikan terimakasih kepada pemerintah desa marga mukti yang sudah mengadakan pelatihan untuk masyarakat di Desa Marga Mukti ini guna meningkatkan produktifitas masyarakat.

“ Saya dari pihak kecamatan penarik menyampaikan terimakasih kepada pemerintah desa marga mukti yang sudah melaksanakan pelatihan untuk meningkatkan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat ini, harapannya kedepan masyarakat desa marga mukti dapat memanfaatkan pekarangan untuk berbudidaya ikan air tawar ataupun sayur mayur, dengan seperti itu mudah mudahan ini semua bisa meningkatkan produktifitas bagi masyarakat “ uajar beliau sebelum membuka acara.

Pelatihian Kelompok Tani Desa Marga Mukti, yang mengangkat Tema “ Budidaya Ikan Nila / Lele dan Cara Pembuatan Pakan “ ini di hadiri oleh 50 Peserta yang terdiri dari pengurus dan anggota kelompok tani desa marga mukti menghadirkan Tiga narasumber yang berkompeten di antaranya Drh. Zairan Aripin sebagai kepala Medis Vet dari Dinas Peternakan kabupaten Mukomuko, Bpk.Abas dari Dinas Perikanan dan Bpk. Muhammad Afif sebagai pelaku usaha Pakan Ternak Organik, Selain menyampaikan materi, para narasumber juga melakukan praktik secara langsung tentang bagaimana cara membuat pakan ikan air tawar secara organik dan mudah.

Pewarta : adv @dmin