Semarfm.com – Mukomuko : Belasan Pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat Kabupaten Mukomuko sama-sama menyerukan “Katakan Tidak Pada Korupsi” di Kejaksaan Negeri (Kejari) Mukomuko. Rabu (28/11), pada acara Lomba Pidato dalam Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia yang diselenggarakan Kejari Mukomuko.

Pada perlombaan Pidato ini, Kejaksaan Negeri Mukomuko mengangkat tema “Katakan Tidak Pada Korupsi”. Para pelajar mengembangkan tema ini menjadi rangkaian kata-kata yang disampaikan kedalam sebuah Pidato.

“Apa yang disampaikan peserta lomba kita berharap tidak melenceng dari tema. Selain penampilan atau teknis berpidato yang dinilai, penguasaan materi disesuaikan dengan tema juga menjadi penilaian,” kata Kajari Mukomuko, Agus Irawan Y, SH., MH. Melalui Kasi Intel, M. Adyasyah, SH., MH, saat membuka acara.

Lomba ini selain dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia, lebih dari pada itu, diharapkan dengan perlombaan ini para pelajar dapat memahami bahaya dari perilaku korupsi dan tertanam dalam benaknya untuk tidak melakukan tindakan korupsi mulai saat menjadi pelajar sekarang ini sampai nanti ketika sudah terjun kedua kerja.

“Harapan kita tertanam di jiwa mereka (pelajar,red) untuk tidak melakukan korupsi dan siap memberantas korupsi,” ujarnya.

Kegiatan ini diikuti 13 peserta, terdiri dari sebanyak tujuh orang perwakilan SMA sederajat dan enam orang perwakilan SMP sederajat. Katagori tingkat SMA nama Ulfa Ayu pelajar SMAN 1 Mukomuko keluar sebagai juara pertama dan tingkat SMP Nama Aqtila pelajar SMPN 1 yang keluar sebagai juara pertama.

“Dalam perlombaan tentu diambil pemenang, namun sesungguhnya para pelajar yang sudah berani tampil sudah menjadi juara. Berani menyampaikan pendapatnya dihadapan publik adalah juara sesungguhnya. Pemenang nanti akan kita undang dalam upacara peringatan Hari Anti Korupsi pada tanggal 10 Desember nanti,” pungkasnya.

 

 

 

 

Pewarta ; @dmin