Semarfm.com – Mukomuko : Mencuatnya foto Balai Daerah di Media Sosial Facebook membuat Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kabupaten Mukomuko, Apriansyah,ST.MT, mengklarifikasi permasalahan tersebut dengan mengundang para pekerja jurnalis, senin 15 Oktober 2018. Diakui oleh Afriansyah foto itu adalah Balai Daerah yang dikerjakan oleh PT. Cipta Konstruksi Abadi, pada tahun anggaran 2017 dan  memang mengalami kerusakan. Di bagian tiang, namun itu bukan tiang utama, tetapi bagian dari asesoris tiang yang terbuat dari bahan GRC , begitupun dengan plapon teras, yang pengerjaanya dilakukan setelah putus kontrak pekerjaan.

” sebenarnya pekerjaan itu telah mengalami pemutusan kontrak, dimana pada akhir Desember 2017 lalu, sesuai batas waktu pekerjaan tersebut belum bisa  diselesai 100 persen ” jelas Afriansya didampingi oleh Kabid Cipta Karya dan pihak kontraktor sudah mendapatkan bayaran sekitar 74 persen, dari nilai kontrak Rp 8,75 milyar (Rp 6,7 milyar).
Karena tidak selesai, sesuai aturan bahwa pihak kontraktor bisa mendapatkan perpanjangan atau tenggang waktu selama 50 hari untuk menyelesaikan pekerjaan,tetapi gedung daerah itu, belum juga mencapai penyelesaian 100 persen tetapi hanya sampai 98 persen saja dan itu belum dibayar, ”
Pembayaran yang kurang semitar Rp 1,9 milyar kepada rekanan akan dilakukan pada APBD-P setelah ada auidt klaim dari BPKP ,   ” kami telah menyurati BPKP melalui Inspektorat guna untuk melakukan audit, jika dalam audit nanti ditemukan bobot kerusakan lebih dari nilainya dangan nominal yang belum terbayarkan, terpaksa pembayaran akan dihentikan,” jelas Apriansyah .

Pewarta @4nG