semarfm.com – Mukomuko :  Tari Gandai Asal Kabupaten Mukomuko resmi ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Nasional (WBTBN) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud RI) tertanggal 4 Agustus lalu.

Ini berdasarkan keputusan persidangan 20 Hakim dari ahli kebudayaan di Indonesia yang diketuai Pudentia, Mpss 1 Agustus lalu. Sekitar 200 karya budaya dari 34 Provinsi ditetapkan sebagai WBTBN dari 400 usulan yang masuk ke Kemendikbud salah satunya adalah Tari Gandai Mukomuko. Hal ini disampaikan Kabid Kebudayaan Disdikbud Kabupaten Mukomuko, Rasita, S.Pd melalui Kasi Pelestarian Nilai Sejarah, Isra, S.Sn.

Ia mengatakan, dijadwalkan pada bulan Oktober mendatang, piagam Warisan Budaya Tak Benda Nasional Tari Gandai ini akan diterima langsung oleh Plt Gubernur Bengkulu didampingi Bupati Mukomuko.

“Kalau jadwal pastinya kita belum tahu, tapi sudah dijadwalkan di bulan Oktober,” ujar Isra.

Sebagai pelaku seni, ia bersyukur Tari Gandai sudah diakui sebagai warisan budaya tak benda oleh Kemendikbud. Katanya, ini tidak lepas dari peran seniman-seniman Gandai di Mukomuko yang selama ini aktif melestarikan tarian kebanggan Kapuang Sati Ratau Batuah ini.

Dijelaskannya, bisa diterimanya tari Gandai Mukomuko ini sebagai WBTBN lantaran Mukomuko sudah memiliki data dan Kajian ilmiah yang lengkap mengenai seni tari ini.

Diungkapkannya, data dan Kajian ini beberapa tahun lalu sudah dilakukan oleh pihak Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Padang.

“Dengan adanya pengakuan ini, yang paling berperan adalah siniman-seniman kita. Kita juga patut berterimakasih dengan BPNB Padang. Kalau Dinas kan cuma mengusulkan,” ujarnya.

Pada saat persidangan akhir, pada 1 Agustus lalu, perwakilan Disdikbud dihari langsung oleh Isra, S.Sn didampingi perwakilan Disdikbud Provinsi dan perwakilan BPNB Padang.

Pewarta :