Radio Semarfm – Mukomuko  ; Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Mukomuko, Arif Isnawan, S.Pt menyatakan, pihaknya akan mengupayakan percepatan start cetak sawah baru dipercepat. Ia mengatakan diupayakan pada bulai Mei cetak sawah baru sudah bisa dimulai.

“Insya Allah cetak sawah baru ini kita mulai pada bulai Mei atau Juni,” katanya kemarin.

Ia menegaskan, percepatan ini mungkin dilakukan. Pasalnya pada tahun ini kordinasi Distan Mukomuko dengan pihak pelaksana yakni TNI bisa lebih cepat dan lancar sehubungan telah berdirinya Kodim 0428 Mukomuko.

“Kalau tahun lalu memang kordinasinya cukup makan waktu. Kalau tahun ini kita kordinasi langsung dengan Kodim 0428 Mukomuko, Insya Allah bisa lebih cepat,” ujarnya.

Masih menurut Arief  pada tahun ini jatah cetah sawah baru dari Pemerintah Pusat untuk Kabupaten Mukomuko sebanyak 400 hektar. Jumlah ini berkurang dari tahun sebelumnya.

“Sasaran wilayah cetak sawah baru ini masih di wilayah irigasi utama yakni di Kecamatan Lubuk Pinang dan Air Manjuto,”  terang Arief

Ia juga mengatakan, saat ini pihak pelaksana masih meneruskan pekerjaan cetak sawah baru yang dianggarkan pada tahun 2017 lalu, lantaran pada akhir tahun pekerjaan belum tuntas karena terkendala teknis.

“Tapi dari pantauan kita pekerjaan ini tinggal sedikit lagi,” pungkasnya. (ag)