Radio Semarfm – Mukomuko ; Senin 19 maret 21018 Dinas Kelautan dan Perikanan Mukomuo didatangi oleh puluhan Nelayan yang berasal dari Pasar Bantal,Nelan Indah, Mandi Angin serta pasar Sebelah. Kedatangan mereka langsung disambut oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Mukomuko , Kepala Kantor Kesbangpol dan Sandi dan Kabag ops Polres Mukomuko mewakili Kapolres, serta Ketua Komisi 2 DPRD Mukomuko

Dalam pertemuan di Aula DKP itu disepakati beberapa hal diantaranya Pergantian alat tangkap sesuai dengan PERMEN KP 71 tahun 2016 tetap dilaksanakan dengan penggantian alat tangkap yang dikehendaki Nelayan yakni alat tangkap yang benar benar dapat dimanfaatkan untuk menunjang aktifitas nelayan sehari hari dan diusulkan oleh nelayan ssendiri sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan yang ada.

Selain itu akan duajukan permohonan diskresi pemerintah untuk melegalkan alat tangkap trawl nelayan Mukomuko sebagai alat tangkap kearifan lokal nelayan di Kabupaten Mukomuko  dan secepatnya akan dibentuk tim untuk membahas solusi terbaik sebagai respon penggantian alat tangkap ramah lingkungan. Dalam melakukan aktivitas melaut nelayan diharapkan menjaga keamanan dan ketertiban dilaut serta DPRD Mukomuko berjanji akan memfasilitasi penggantian alat tangkap di Kabupaten Mukomuko.

Perlu diketahui bahwa pertemuan ini merupakan lanjutan dari beberapa kali pertemuan sebelumnya, baik tingkat Kabupaten, Propinsi maupun pusat. ( aang )