SEMAR FM MUKOMUKO

Proses Penerimaan CPNS Mukomuko dimulai Bulan Mei 2018

Radio Semarfm – Mukomuko ;  Kepala Badan Kepagawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Mukomuko, Jawoto,S.Pd,SE,M.Pd  menegaskan peluang Mukomuko mendapat kuota CPNS cukup besar. Namun guru diperkirakan akan mendapatkan kuota terbanyak.

“Khusus kuota terbanyak kemungkinan adalah guru, karena Mukomuko mengalami kekurangan guru PNS cukup banyak. Terbanyak kedua untuk tenaga kesehatan dan kemudian teknis lainnya,” ujar Jawoto, Jumat (9/2).

Seperti yang kami kutip dari info Publik awoto mengatakan dalam rapat bersama dengan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Palembang, rencana tes CPNS menjadi salah satu isu paling banyak dibahas. Peluang Mukomuko untuk mendapat jatah kuota besar, karena belanja pegawai dalam APBD masih dibawah 50 persen. Daerah dengan belanja APBD sudah mencapai 50 persen, tidak dibolehkan lagi mengajukan kuota CPNS.

‘’Mudah-mudahan, karena belanja pegawai kita masih dibawah 50 persen, kemungkinan kita akan mendapat kuota tes CPNS tahun ini. Ini salah satu syarat utama, daerah yang belanja pegawainya di atas 50 persen tidak dapat,’’ kata Jawoto.

Mengenai kuota akan ditentukan langsung oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi PAN dan RB dengan melihat kemampuan daerah menggaji pegawai. Jika berdasarkan kondisi sekarang, kemungkinan Mukomuko bisa membayar gaji penambahan pegawai hingga 250 orang.

Intinya berapapun yang diberikan nanti diterima. Sesuai pengajuan, kuota untuk guru terbanyak, rinciannya guru diajukan 455 orang. Selanjutnya untuk kesehatan 178 orang, tenaga teknis 101 orang, fungsional 97 orang. Terus tenaga admistrasi diusulkan 14 orang, tenaga pelayanan 41 orang dan untuk tenaga operasional 8 orang, total 2.022 orang.

‘’Ini sesuai kebutuhan daerah, kita ajukan 2.022 orang, tapi tidak mungkin semuanya dikabulkan. Sekarang ajuan disampaikan ke pusat, nanti MenPAN RB memutuskan jatah setiap daerah,’’ tegasnya.

Masih ia sampaikan, jika tes jadi dilaksanakan, prosesnya akan dimulai pada Mei nanti, sedangkan tes dilakukan sekitar Agustus 2018. Tes sendiri menggunakan Sistem Computer Assisted Test (CAT), untuk tempat bisa di Bengkulu atau di Mukomuko sendiri.

‘’Kalau tahapannya Mei sudah mulai, untuk tes sekitar Agustus karena sebelum itu akan ada beberapa persiapan seperti pengumuman dan sebagainya,’’ tutup Jawoto.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.